Cara Membuat Lab Komputer di Cisco Packet Tracer

Cisco Packet Tracer adalah aplikasi yang dibuat oleh Cisco untuk pembelajaran simulasi jaringan. Tujuan utama dari aplikasi Cisco Packet Tracer adalah untuk membantu siswa mempelajari dan mendemonstrasikan konsep jaringan. DHCP Server adalah server jaringan yang secara otomatis memberikan IP address, default gateway, dan parameter jaringan lainnya ke perangkat klien.

Cara Membuat Lab Komputer
Cara Membuat Lab Komputer

Sebelum masuk ke cara pembuatannya, kita kenali terlebih dahulu tentang DHCP Server yang mana dalam pembuatannya nanti kita akan menggunakan DHCP server.

Pengertian DHCP Server

DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan untuk mengkonfigurasi IP address secara otomatis dan informasi lainnya pada perangkat di dalam sebuah jaringan komputer. DHCP server adalah komponen yang bertanggung jawab untuk memberikan konfigurasi kepada perangkat yang memintanya, seperti komputer, ponsel, printer, dan perangkat lain yang terhubung ke jaringan.

Fungsi DHCP Server

Fungsi utama DHCP server adalah sebagai berikut :

  • Pemberian Alamat IP: DHCP server memberikan alamat IP kepada perangkat yang terhubung ke jaringan. Alamat IP adalah identifikasi numerik yang diperlukan agar perangkat dapat berkomunikasi dengan perangkat lain dalam jaringan.
  • Pemberian Konfigurasi Lainnya: Selain IP address, DHCP server juga dapat memberikan informasi lain seperti DNS (Domain Name System), gateway (router), dan pengaturan subnet mask kepada perangkat yang meminta konfigurasi.
  • Pengelolaan Peminjaman Alamat IP: Alamat IP yang diberikan oleh DHCP server biasanya memiliki batas waktu peminjaman. Setelah waktu peminjaman habis, perangkat harus memperbarui peminjaman atau mengajukan permintaan baru. Hal ini memungkinkan penggunaan efisien alamat IP dalam jaringan.
  • Penghindaran Konflik Alamat IP: Dengan menggunakan DHCP server, risiko konflik alamat IP di dalam jaringan dapat diminimalkan. Server memastikan bahwa alamat IP yang diberikan kepada perangkat tidak tumpang tindih dengan alamat IP yang telah digunakan oleh perangkat lain.
Setelah mengetahui fungsi dari DHCP server, maka dalam pembuatan lab komputer ini nanti kita akan memanfaatkan DHCP server agar lebih efektif dan efisien.

Cara Membuat Lab Komputer Menggunakan Cisco Packet Tracer

Berikut langkah-langkah membuat lab komputer dengan Cisco Packet Tracer :

Langkah 1: Buka Aplikasi Cisco Packet Tracer.

Langkah 2: Setelah membuka aplikasi Cisco, tambahkan perangkat switch, server, dan 20 PC yang berada di bagian kiri bawah layar ke dalam lembar kosong.

Catatan: Kalian dapat menambahkan lebih dari 20 PC. Akan tetapi di sini sebagai contoh, saya hanya menambahkan 20 PC saja.

  • Switch    :    1
  • Server     :    1
  • PC           :    20

Langkah 3: Hubungkan semua PC dan server melalui switch dengan menggunakan kabel straight.

Topologi Lab Komputer
Topologi Lab Komputer

Langkah 4: Kita akan menjadikan server sebagai pemberi IP ke klien atau menjadikannya sebagai DHCP Server. Klik pada Server, buka Desktop, lalu klik IP Configuration. Masukkan IP Address, Subnet Mask dan Gateway ke Server.

IP Address            : 192.168.1.1

Subnetmask          : 255.255.255.0

Default Gateway  : 192.168.1.254

Konfigurasi IP Addres Pada Server
Konfigurasi IP Addres Pada Server

Langkah 5: Klik lagi di Server, klik di bagian Services, lalu buka DHCP. Nyalakan Service DHCP lalu masukkan default gateway, start IP address, subnet mask, dan jumlah perangkat, lalu Save. Sekarang, DHCP server akan secara otomatis menetapkan IP address, subnet mask, dll. ke PC.

Konfigurasi Service DHCP
Konfigurasi Service DHCP

Langkah 6: Klik PC mana saja, buka Desktop, lalu klik bagian IP Configuration. Klik pada DHCP, maka PC akan otomatis meminta IP address, subnet mask, dll. dari Server dan Server secara otomatis akan memberi IP address ke PC.

DHCP Client
DHCP Client

Langkah 7: Lakukan langkah 6 pada semua PC. Untuk memeriksa konektivitas jaringan, kalian dapat menggunakan perintah ping ke semua PC.

Misalnya, Dari PC0

ping 192.168.1.3

 

Uji Koneksi Antar PC

Sekian cara membuat lab komputer di Cisco Packet Tracer, semoga artikel ini bermanfaat. Apabila ada kesulitan atau hal lain yang ditanyakan, silahkan tulis dikolom komentar ya.

Cisco Packet Tracer
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.